Senin, 09 April 2012

makalah olahraga

DISUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS PENJASORKES




Disusun Oleh:
Kelompok: 5
Nama :
1.    M. Jamal Samsul M.    (17)
2.    M. Anwar Gandy    (22)
3.    Defi Novi Permatasari    (08)
4.    Inayati     (14)
5.    Nur Hidayah     (26)
6.    Sri Rahayuni Agustin    (33)
7.    Ulfa Setyaningsih     (36)
Kelas: XI IPA 3

SMA NEGERI 1 GEMUH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Pola Hidup Sehat ( Istirahat yang cukup )“. Makalah ini di susun dalam rangka memenuhi tugas kelompok mata pelajaran Penjasorkes.
Dalam menyusun makalah ini, kami banyak memperoleh bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
1.    Ibu Dra. Endang Widarti, M.Par., selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Gemuh.
2.    Ibu Dian Lutfie Ramdhani, S.Pd., selaku guru pembimbing Bahasa Indonesia.
3.  Orang tua tercinta yang selalu mendukung, mendoakan dan memberikan bantuan baik moril maupun materil.
4.    Semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.

Penyusun menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penyusun sangat mengharapkan  kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya makalah ini. Penysun berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan bagi pembaca umumnya.
.
Kendal, 20 Maret 2012

Penyusun





DAFTAR ISI

Halaman Judul……………………………………………………….    i
Kata Pengantar…………………………………………………….    ii
Daftar Isi………………………………………………………….    iii
I.    PENDAHULUAN………………………………..............    1
1.    Tema…………………………………………………….    1
2.    Latar Belakang………………………………...………..    1
3.    Tujuan……………………………………………………    1
4.    Rumusan Masalah……………………………………….    1
II.    ISI………………………………………………………    2
A.    Pengertian………………………………………………    2
B.    Manfaat Hidup Sehat........................................................    3
C.    Cara Melakukan Pola Hidup Sehat..................................    3
III.    PENUTUP………………………………………………...    5
1.    Kesimpulan……………………………………………………    5
2.    Saran…………………………………………………………..    5       
Daftar Pustaka…………………………………………………………    6   



I.    LATAR BELAKANG

1.    Tema
Pola Hidup Sehat (istirahat yang cukup)

2.    Latar belakang
Saat ini pola hidup sehat sudah tidak di lakukan lagi karna berbagai aktivitas kita yang banyak, sehingga kita tidak sempat melakukanya. Tetapi seharusnya melakukan pola hidup sehat itu penting untuk kita semua. Menyempatkan waktu luang untuk berolah raga adalah salah satu cara melakukan pola hidup sehat yang baik. Selain itu pola hidup sehat juga harus mengatur pola makan kita sehari-hari.
         Sebagian masyarakat menganggap enteng masalah menerapkan pola hidup sehat. Bila kita ketahui banyak sekali dampak negativ dari tidak melakukan hidup sehat tersebut. Maka dari itu saya ingin sekali mengajak kita semua untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

3.    Tujuan
- Untuk mengajak pembaca supaya mau mempertahankan pola hidup sehat
- Menambah referensi buku sekolah
- Memenuhi tugas praktek pelajaran Bahasa Indonesia

4.    Rumusan masalah

1)    Apakah pengertian hidup sehat itu?
2)    Bagaimana istirahat yang cukup?





II.    ISI

A.    Pengertian

Pola hidup sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang memengaruhi kesehatan, antara lain makanan dan olahraga. Beberapa gaya hidup yang dapat merusak kesehatan Anda:
Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus dengan pola hidup yang serba mahal. Semua dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Hidup sehat harus diawali dengan perubahan yang kecil terlebih dahulu.

Pengertian gaya hidup
Pengertian Gaya Hidup – Gaya hidup menurut Kotler (2002, p. 192) adalah pola hidup seseorang di dunia yang iekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Secara umum dapat diartikan sebagai suatu gaya hidup yang dikenali dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini). Selain itu, gaya hidup menurut Suratno dan Rismiati (2001, p. 174) adalah pola hidup seseorang dalam dunia kehidupan sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapat yang bersangkutan. Gaya hidup mencerminkan keseluruhan pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan.

Dari berbagai di atas dapat disimpulkan bahwa gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapatnya dalam membelanjakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu. Psikografik adalah pengukuran kuantitatifgaya hidup, kepribadian dan demografik konsumen. Psikografik memuat beberapa pernyataan yang menggambarkan kegiatan, minat dan pendapat konsumen. 3. Studi yang menggunakan kepribadian ciri sebagai faktor yang menjelaskan, menganalisis kaitan beberapa variabel dengan kepribadian ciri, misalnya kepribadian ciri yang mana yang sangat terkait dengan konsumen yang sangat memperhatikan masalah lingkungan.

Orang-orang yang berasal dari sub-budaya, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama dapat memiliki gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan demikian, pemasar dapat dengan lebih jelas mengarahkan mereknya ke gaya hidup orang yang berprestasi.

Tentu Anda akan bertanya-tanya, mungkinkah seseorang yang menderita penyakit kronis dapat hidup dengan sehat? Gaya hidup yang sehat, menuntut perhatian terhadap tubuh, pikiran dan jiwa. Hidup yang sehat dan berkualitas tidak dapat tercapai begitu saja melainkan harus dilatih setiap hari. Oleh karena itu, harus ada perencanaan yang matang dan seimbang dengan memperhatikan sudut positip dan realitas potensi Anda. Pikiran yang Sehat

Sikap, perasaan, dan pikiran mempengaruhi kesehatan seseorang. Pikiran yang berorientasi pada kesehatan adalah yang melihat dunia secara positif. Oleh karena itu, untuk hidup yang baik dengan Lupus, fokuskan diri Anda pada kemampuan, bukan pada kekurangan Anda. Sikap, pikiran dan perasaan anda adalah milik Anda 100 persen, yang dapat diubah dan diarahkan ke hal-hal yang positif. Anda dapat memutuskan untuk mengambil sikap dan langkah-langkah baru yang sesuai. Hidup Anda adalah pilihan Anda.

Tubuh yang Sehat
Agar dapat berfungsi, tubuh manusia membutuhkan kesegaran jasmani dan makanan bergizi serta pengelolaan stress yang efektif.
Sakit persendian, letih yang berlebihan dan lemah otot sering terjadi pada Odapus yang akan menyebabkan ketidakaktifan fisik dan mengurangi kesegaran jasmani. Tetapi yang sama pentingnya adalah menentukan keseimbangan antara istirahat yang cukup dan berlebihan. Istirahat yang berlebihan tidak baik untuk otot, tulang, dan kesegaran jasmani secara umum.
Orang–orang yang mudah sakit, ternyata cenderung bereaksi negatif terhadap situasi–situasi stres dan mempunyai pola hidup yang tidak sehat.
Dengan mengetahui hal ini , sebaiknya odapus berusaha untuk mengubah pola dan gaya hidup. Membangun jiwa yang sehat juga merupakan suatu proses. Nutrisi dan Diet - Tidak ada “diet lupus“. Kegiatan yang berlebihan dapat membuat lupus menjadi aktif kembali. Depresi bisa juga terjadi akibat faktor dan dorongan dalam hidup penderita yang tidak berkaitan dengan lupus.




Filosofi Sehat
Pola hidup sehat adalah filosofi yang perlu dibangun oleh para Odapus untuk menumbuhkan sikap hidup yang dapat memperpanjang dan memperkaya hidup. Untuk itu diperlukan perencanaan dan kesiapan dalam diri berdasarkan potensi yang dimiliki.

Lalu bagaimana kita mengenali pasien Lupus yang hidup sehat? Biasanya mereka adalah orang-orang yang terfokus pada bakat dan kemampuan mereka. APA ITU POLA HIDUP SEHAT?
Pola hidup sehat bisa diartikan sebagai suatu perencanaan yang dilakukan untuk tujuan mencapai kualitas hidup yang sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit.

B.    Manfaat Hidup Sehat

Manfaat hidup sehat antara lain :
     - Dapat tidur dengan nyenyak
     - Dapat bekerja maksimal
     - Dapat belajar dengan baik
     - Berfikiran positiv dan sehat
     - Merasa damai hidupnya

C.    Cara Melakukan Pola Hidup Sehat
Cara melakukan hidup sehat berikut ini:
1. Udara bersih, paru-paru pun sehat
     Untuk terhindar dari gangguan pernapasan, hiruplah udara yang bersih dan sehat. Tidak perlu repot mencari udara yang bersih, misalnya, udara pegununggan. Udara di pagi hari juga sangat baik bagi paru-paru kita. Selain itu hindari juga udara tercemar seperti asap rokok, asap kendaraan atau debu. Bersihkan rumah dan ruangan secara teratur, termasuk prabotan rumah tangga , kipas angin dan AC .
2. Banyak minum air putih
 Air putih adalah yang terbaik dari minuman apapun. Biasakanlah minum air putih 8-10 gelas per hari. kebiasaan ini akan membantu menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih. Upayakan minum air hangat di malam hari dan air sejuk (bukan air es) pada siang hari.
3. Konsumsi menu bergizi dan seimbang
Pilih lah menu dengan gizi yang cukup, seimbang dan bervariasi. perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan gizi yang di perlukan tubuh. Sebiasa mungkin hindari makanan olahan serta kurangi konsumsi garam dan gula. Satu lagi, jangan lupakan sarapan pagi ! karena sarapan pagi dapat menunjang aktivitas kita sepanjang hari.
4. Seimbang antara melakukan aktivitas, olah raga, dan istirahat
     Kerja keras tanpa istirahat sama sekali tidak ada untungnya bagi kita. Biasakan istirahat teratur 7-8 jam pada malam hari, dan jangan sering begadang atau tidur terlalu malam. Cobalah meluangkan waktu untuk berolahraga ringan atau sekedar melemaskan otot-otot persendian.
Dengan berolahraga 2 - 3 kali per minggu, selama 30 - 45 menit, cukup membuat tubuh bugar dan stamina prima.
Tidur dan istirahat yang cukup
Jangan paksa fisik untuk melakukan sesuatu jika dalam kondisi yang kurang fit. Semua anggota tubuh juga butuh istirahat. Seorang peneliti di Stanford telah menemukan kalau orang yang tidur kurang dari 8 jam sehari ternyata memiliki indeks massa tubuh atau BMI yang berbanding terbalik dengan durasi tidur.
Tidur dengan waktu yang singkat ternyata juga terkait dengan rendahnya tingkat leptin (hormon yang menekan nafsu makan) dan tingkat ghrelin lebih tinggi (zat kimia yang merangsang nafsu makan). Dan ternyata inilah yang menyebabkan bahwa orang yang kurang tidur menjadi lebih banyak makan.
Orang kerap mengasumsikan istirahat sekadar untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Menurut Samuel, istirahat yang dilakukan harus ada aturannya sendiri, yaitu harus dilakukan minimal selama enam jam. "Biasakan untuk istirahat yang cukup, misalnya tidur selama minimal enam jam, agar tubuh segar kembali," jelasnya. Hindari begadang terlalu sering.
5. Kontrol kerja otak
Otak seperti halnya tubuh kita, dia juga perluistirahat. jangan terlalu memberi beban banyak, karna otak kita pun memiliki memori yg terbatas. Lakukan kegiatan di waktu luang yang membuat otak bekerja lebih santai.
6. gunakan suplemen gizi
Tubuh kita memerlukan antioksidan, vitamin c, vitamin e dan selium. Semua zat itu sangat di butuhkan oleh tubuh. Selain mengkonsumsi makanan segar, bisa juga dengan cara mengkonsumsi suplemen kesehatan yang banyak si jual di pasaran.

III.    PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa kita ambil dari dalam makalah ini adalah pentingnya menjaga dan mengatur pola hidup kita ini dengan baik. dari segi pola makan, berolah raga, dan istirahat teratur. Jika itu semua tidak di lakukan dengan baik maka akan mendapatkan dampak yang buruk, misalnya tubuh cepat terserang penyakit, cepat lelah, berat badan tidak teratur.

B.    Saran
Bagi umat manusia melakukan segala aktivitas itu sangat lah penting, kadang mereka tidak sadar akan pentingngnya menjaga kesehatan tubuh . maka banyak orang yg mengabaikannya karma kesibukan mereka masing masing. Tidak hanya itu mereka tidak sadar akan dampak dampak yg terjadi.
            Luangkan lah waktu untuk memanjakan diri, tidak perlu perawatan yg mahal, hanya perlu berolah raga minimal 2 kali dalam seminggu selama 30 menit, biasakan makan teratur pada jam tertentu dan atur porsi makan, istirahat teratur dan biasakan tidur tidak larut malam maka berbagai manfaat akan kita rasakan, tubuh akan Terhindar dari berbagai penyakit, tubuh menjadi ideal, serta sehat jasmani maupun rohan.




DAFTAR PUSTAKA

1.    http://www.katakerja.com/2011/05/contoh-kata-pengantar-karya-ilmiah_26.html
2.    http://latarbelakangmasalahpolahidupsehat.blogspot.com/
3.    http://tips-hidup-sehat.blogspot.com/2011/02/pengertian-pola-hidup-sehat.html
4.    http://tipscarabelajar.blogspot.com/2011/04/tips-hidup-sehat-kumpulan-cara-pola.html
5.    http://palembang.tribunnews.com/2012/02/23/ini-rahasia-hidup-sehat-dan-bugar
6.    http://anjasputripengembangan.blogspot.com/2011/03/bab-3-kesimpulan.html
7.    http://anjasputripengembangan.blogspot.com/2011/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar